13 Langkah Konversi File Pdf Yang terproteksi

(Maksud Hati ingin berbagi pengalaman)

Logo Pdf

Logo Pdf

Beberapa pekan yang lalu, saya mendapat tugas untuk mencari artikel di internet, dengan menggunakan “mbah google” saya pun bergegas mencarinya dengan mengetikkan: Filetype:Pdf Metode Belajar Efektif (dengan maksud mencari file berisi artikel “Metode Belajar Efektif” dengan format file Pdf”) akhirnya saya temukan dokumen yang saya maksud tersebut.  setelah itu saya bermaksud meng-copy sebagian isi file tersebut ke Ms-Word dengan maksud mengeditnya kembali dan mengambil hanya bagian tertentu yang saya butuhkan. cara ini tentu  lebih hemat dibandingkan harus mencetak terlebih dahulu dan mengetikkannya kembali.
Akan tetapi, saat saya mem-block dan hendak meng-copy sebagian teks dari file  tersebut, ternyata tidak bisa. setelah saya cermati ternyata file bertipe Pdf  tersebut telah dibuat proteksi agar tidak bisa di-copy_paste.

File ini memiliki ciri terdapat kata SECURED setelah nama file (e.g: Metode Belajar Efektif -SECURED) dan hanya bisa dibuka oleh si pembuat atau yang mengetahui passwordnya. Akhirnya mau tak mau saya harus mengetikkannya kembali.

Terpikir akan hal itu akhirnya saya mencari solusi dengan menggunakan software  converter Pdf to HTML/Word saya mencoba merubah file pdf yang terproteksi tersebut,  walhasil ternyata sama saja…. tidak bisa (berhubung software yang saya pakai masih trial).
Kesal dengan  hal tersebut saya tidak putus asa,pikir saya pun teringat akan kenangan bersama seorang teman lama, kami pernah mencoba software untuk merubah koran yang discan menjadi file berbentuk teks layaknya teks pada Ms-word.
Singkat kata, saya pun bereksperimen dengan pengalaman tadi dan ternyata……Alhamdulillah, 99,99 % BERHASIL, File Pdf yang telah terproteksi tadi bisa saya edit dalam bentuk text.
Berikut ini saya coba kemukakakan 13 langkah praktis mengkonversi file Pdf yang telah terproteksi (SECURED) :
1. Instalasi terlebih dahulu software : OmniPage (biasanya terdapat pada situs provider mesin fax atau scanner (e.g : Umax.com, Samsung.com dll)
2. Setelah software terinstal, buka File berformat Pdf yang terproteksi tadi dengan menggunakan Pdf Reader (e.g : adobe reader).
3. Kemudian, cetak layar file pdf tersebut dengan menekan tombol print screen pada keyboard.
4. Bukalah, software pengolah gambar (e.g : paint, Photoshop, dll).
5. Paste-lah hasil print screen pada langkah No.4 (e.g : pada paint, Klik edit-paste).
6. Kemudian edit gambar tersebut dengan memotong (crop) bagian yang berisi teks yang akan diambil saja
7. Simpanlah dengan Save as Type : Jpg atau JPEG.
8. Setelah file tersimpan, bukalah software OmniPage yang telah terinstal pada langkah 1.
9. Kemudian lakukan konversi From image to Text.
10.Buka file jpg/jpeg yang telah tersimpan tadi (pada langkah 7) lalu klik convert.
11.Tunggu sejenak sampai proses conversi selesai lalu simpan dan beri nama.
12.Jika langkah tersebut benar, maka file yang terkonversi akan berformat rtf (rich text Format).
13.Bukalah Ms-word, kemudian buka file berekstensi rtf pada langkah No.12 tadi, hasilnya adalah dokumen berbentuk teks yang dapat dengan mudah kita edit dan ambil seperlunya.

Tentunya, artikel ini dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan kita bukan dengan tujuan lain semisal membajak karya orang lain dan plagiat. Pastinya ada maksud dari sang pembuat, sehingga file yang dibuat harus diproteksi, tinggal kembali pada diri kita masing-masing untuk lebih menghargai hasil karya pemikiran orang lain, dan satu lagi
saya teringat pesan salah seorang dosen “etika profesi” untuk selalu mencantumkan nama sumber jika kita hendak mengutip isi dokumen baik sebagian atau seluruhnya dari dokumen orang lain.

Selamat Mencoba….Kalo salah-salah dikit harap maklum….

12 Tanggapan

  1. Mantap….

    Salam

  2. buset ribet amat caranya bos…, kya ada cara yg lebih gampang lagi deh hehe….

  3. biar ngak ribet pake pdf2word versi 3 ja, dijamin kurang dari 1 satu menit langsung jadi.. coba ja…..!!

  4. Coba mencoba….lagi……. hohohoho……

  5. Lumayan…. nambah lagi satu.

  6. ternyata gampangan maen facebook ya pak guru….

  7. UPDATE WOY!!!!!

  8. ada lagi cara lain?

  9. Lagi nyari artikel PDF…

Tinggalkan komentar